PENGERTIAN DRUM BAND

Sebagaimana kita lihat bahwa Kata "Drum Band" berasal dari dua kata yaitu: kata "Drum" dan kata "Band". Jika kita jabarkan makna dari masing - masing kata tersebut maka dapat kita artikan:

"Drum" merupakan alat musik yang berbentuk tabung dan dapat dimainkan dengan cara dipukul (alat perkusi) maupun ditabuh. Adapun jenis-jenis  alat drum yang dapat kita jumpai pada "drum band" antara lain:
  • snare drum, 
  • tenor atau alto drum, 
  • bass drum 
  • trio tom. 
  • Quard tom
  • Quint tom
Sedangkan istilah "band" merupakan sebuah Group atau  gabungan alat musik yang berfungsi sebagai melodi dalam suatu lagu yang terdiri: alat musik tiup, alat musik perkusi yang bernada serta ditambah symbal. Adapun  alat musik melodi yang sering digunakan pada drum band antara lain bellyra dan pianika.

Selain itu ada juga pendukung lainnya seperti Gitapati atau mayoret ada juga Bendera Penari 

Sehingga dapat kita artikan bahwa Drum band menurut merupakan gabungan alat musik jenis drum dan alat musik tiup maupun alat musik perkusi yang dimainkan secara bersama.

Secara umum pengertian drum band dapat didefinisikan sebagai bentuk permainan musik dan olah raga yang terdiri dari beberapa orang personil untuk mengiringi langkah dalam berbaris, atau dengan kata lain berbaris sambil bermain musik (sudrajat: 2005)

Adapun Istilah drum band hanya terdapat di Indonesia, yaitu suatu kelompok orkes barisan musik yang lebih banyak memainkan alat pukul seperti snare drum, tenor drum, bass drum, toms, bellyra, dan Cymball.
Load disqus comments

1 komentar: